Latest News

Langit Indonesia bagian Utara dan Barat Akan di Hiasi Hujan Meteor Perseid

Wilayah Terbaik Nonton Hujan Meteor Perseid di Indonesia
Gambar lokasi terlihatnya meteor (Photo :Cnet)


CALIFORNIA - NASA memperlihatkan negara-negara di dunia yang dapat menyaksikan fenomena hujan meteor Perseid. Dalam sebuah tampilan peta dunia, Indonesia bagian utara termasuk area terbaik yang dapat menyaksikan fenomena hujan meteor tersebut.

Seperti dilansir Cnet, Rabu (13/8/2014), hujan meteor Perseid mendominasi langit malam Agustus setiap tahun. Untuk kali ini, Puncak fenomena ini kabarnya terjadi pada 9-14 Agustus.

Fenomena hujan meteor Perseid memunculkan penampakan 'bintang jatuh' dengan lebih dari 100 meteor per jam dengan warna yang indah dan beragam. Kemunculan hujan meteor ini lebih mungkin disaksikan pada bagian Bumi belahan Barat dengan kualitas sedang dan lebih jelasnya di bagian Utara dengan kualitas tinggi .

Pada 12-13 Agustus 2014 merupakan puncak hujan meteor Perseid. Bersamaan dengan fenomena tersebut, terdapat juga kemunculan bulan purnama (full moon).

Kabarnya, tahun ini hujan meteor Perseid menampilkan 30-40 meteor per jam. Jumlah ini dinilai dua kali lipat lebih besar dibandingkan hujan meteor Delta Aquarid yang muncul bulan lalu.

Di belahan Bumi bagian selatan, hujan meteor Perseid menampilkan 10 meteor per jam. Waktu yang terbaik untuk menyaksikan pemandangan langit yang langka itu ialah pada pukul 03.00 dan 04.00 waktu setempat / atau pukul 23.00 ke atas dalam waktu WIB.

"Perseid diobservasi setidaknya selama 2.000 tahun dan berkaitan dengan komet Swift-Tuttle yang mengorbit Matahari setiap 133 tahun," tulis NASA dalam posting-an blog. NASA menjelaskan, setiap tahun pada Agustus, Bumi melewati puing-puing komet tersebut yang muncul sebagai hujan meteor.

Dalam tampilan peta dunia yang diungkap NASA, wilayah Indonesia termasuk Pulau Jawa berada di kategori visible dengan tingkat penampakan hujan meteor low rates. Sementara daerah Aceh, Sumatera Utara dan Barat, serta Kalimantan Utara masuk kategori best visibility. (ahl)

Selain itu bulan ini akan juga terlihat planet planet di luar angkasa dengan mat telanjang
yaitu "Mars bisa dilihat petang nanti. Saturnus terlihat pukul 20.00-23.30 WIB dari arah barat. Sedangkan Venus bisa dilihat menjelang Matahari terbit dari arah timur, atau sekitar pukul 05.00 pagi," ujar Avivah. (ita)

Sumber  : Okezone.com | Viva co.id

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah berkomentar dengan baik dan benar pada blog kami || Komentar Bersifat Sara, kata kotor, spam dan link aktive akan kami hapus sesuai kebijakan.

Berita-Kita.xyz Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.